Kata Pengantar

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Negeri Sriwijaya Tahun Akademik 2020/2021 akan dilakukan melalui beberapa jalur, salah satunya yaitu : melalui Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN).

Jalur SNMPN merupakan seleksi melalui undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Politeknik sebagai lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi, diikuti oleh seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia secara on-line. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Pendaftaran calon peserta/siswa melalui jalur SNMPN tidak dikenakan biaya apapun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta/siswa berasal dari keluarga kurang mampu tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi untuk diterima sebagai peserta program Biaya Pendidikan Kurang Mampu dan Berprestasi (BIDIKMISI*). Tata cara pendaftaran dilakukan sesuai dengan ketentuan sistem aplikasi pendaftaran daring (on-line). Informasi pendaftaran dapat juga dilihat pada laman http://www.polsri.ac.id dan https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

diharapkan sekolah mendaftarkan siswa/siswi kelas XII sekolah masing-masing sebagai calon peserta SNMPN. Para siswa/siswi SMA/SMK/MA dapat memilih Program Studi yang ada di Politeknik Negeri di Indonesia sesuai dengan yang tertera pada laman http://snmpn.politeknik.or.id.  Bagi calon peserta yang berminat menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) yang memilih Program Studi Teknik Mesin (D3), Teknik Mesin Produksi dan Perawatan (D4),  Teknik Listrik (D3), Teknik Elektronika (D3), Teknik Telekomunikasi (D3), Teknik Elektro (D4), Teknik Telekomunikasi (D4), Teknik Kimia (D3), Teknik Energi (D4), Teknologi Kimia Industri (D4), Teknik Komputer (D3), Teknologi Informatika Multimedia Digital (D4) harus TIDAK BUTA WARNA

Pengisian data oleh Kepala Sekolah dilakukan pada laman http://snmpn.politeknik.or.id  dengan menggunakan user name dan password melalui menu Aplikasi Pendaftaran untuk Sekolah, panduan pengisian dapat di lihat pada laman http://snmpn.politeknik.or.id.

Sedangkan siswa melakukan verifikasi melalui menu Aplikasi Pendaftaran untuk Siswa dengan menggunakan username dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah yang didapat setelah melakukan pengisian data oleh Kepala Sekolah.  Calon Peserta yang tidak mendapat rekomendasi dari Kepala Sekolah tidak diperkenankan mengikuti Seleksi Masuk Jalur SNMPN.

Rentang waktu pengisian data sekolah oleh kepala sekolah melalui menu Aplikasi Pendaftaran untuk Sekolah adalah pada tanggal 6 Januari 6 Maret 2020**) sedangkan pengisian data oleh Siswa (calon peserta) dilakukan secara daring (online) pada tanggal 6 Januari 6 Maret 2020**) melalui laman http://snmpn.politeknik.or.id  menu Aplikasi Pendaftaran untuk Siswa.

informasi lebih lanjut sehubungan  dengan seleksi calon mahasiswa melalui jalur SNMPN ini, dapat menghubungi Panitia Lokal di Pusat Informasi dan Humas (PIH) Politeknik Negeri Sriwijaya, telepon 0711-353414 atau email : humas@polsri.ac.id, sedangkan perkembangan informasi dan jadwal kegiatan dapat dilihat pada lamanhttp://snmpn.polsri.ac.id dan http://snmpn.politeknik.or.id.

Perlu kami sampaikan bahwa kelengkapan berkas (harcopy) Pendaftaran SNMPN tahun 2020 Politeknik Negeri Sriwijaya harus dikumpul dan diverifikasi secara LANGSUNG pada saat pelaksanaan wawancara setelah dinyatakan LULUS sebagai Nominator. Jadwal wawancara dapat dilihat di laman http://snmpn.polsri.ac.id.

                  

 Ket:                  

*)  Syarat & ketentuan lebih lanjut dapat dilihat pada laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

**) Jadwal dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu sesuai kondisi yang ada.